Hei guys. .
., kita mulai dari mana ya enaknya? :D tik tok tik tok. . .
OK. gak
perlu basa basi deh kita langsung aja ke pokok judul blog ini, yaitu mengenal
Basic4GL. Cieee kenalan :D hahaha
Basic4GL adalah compiler dan mesin
virtual yang memungkinkan kita untuk menulis dan menjalankan program yang
ditulis dalam bahasa pemrograman Basic4GL, bahasa yang berdasarkan sintaks
BASIC tradisional, tapi diperbarui untuk komputer modern.
Basic4GL dibuat untuk mendukung
OpenGL 1.1. Versi 1.1 dan sekarang sedikit lebih relevan daripada pada tahun
2003 ketika Basic4GL pertama kali dirilis - sebenarnya itu salah satu versi
mereka yang sekarang disebut sebagai "warisan" OpenGL - tetapi kita
mungkin menemukan itu berguna untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman grafis
3D tanpa penyiapan kerumitan menciptakan pixel dan vertex kita sendiri.
Atau kita dapat mengabaikan OpenGL
seluruhnya, dan menggunakan Basic4GL text, sprite, genteng-peta dan sound
libraries untuk menciptakan grafis 2D tanpa menulis apapun perintah OpenGL sama
sekali.
Basic4GL dirancang untuk menjadi mudah untuk dipelajari di lingkungan pemrograman, cocok untuk membuat
game dan program grafis, rapid prototyping, atau hanya belajar pemrograman
dasar.
Program OpenGL
Basic4GL dibangun dengan library OpenGL
3D. Secara otomatis menangani tugas-tugas seperti membuat jendela OpenGL dan
inisialisasi OpenGL untuk kita, sehingga kita dapat melewati dengan cara yang
biasa kita kerjakan, dengan menulis kode OpenGL file header dan inisialisasi pada
baris 1. Sebagai contoh, inilah program OpenGL untuk menggambar sebuah
segitiga.
glBegin
(GL_TRIANGLES)
glVertex3f (0, 1, -3) (titik atas)
glVertex3f (-1, -1, -3) (titik kanan bawah)
glVertex3f (1, -1, -3) (titik kiri bawah)
glEnd()
Hasilnya akan seperti ini
Mari kita cari tau dari awal sampai akhir . .
"glBegin" dan "glEnd" adalah perintah untuk membuka dan menutup suatu penulisan, seperti halnya kita makan buka mulut masukin nasi dan tutup mulut baru di proses. Jadi kalau kita mau menulis suatu perintah kita harus bukan dengan "glBegin" kemudian tulis perintahnya kemudian tutup dengan "glEnd". Dooong kan hehe
Next ya guys. . . Sekarang "glVertex", dalam matematika vertex adalah vektor, dan vektor adalah bertemuanya 2 sisi pada koordinat tertentu dan selalu memiliki arah, sama juga vertex karena mereka adalah saudara beda ibu entah juga beda bapak hahaha. . . Karena vertex punya arah maka disitu kita tulisakan 3 angka yang mewakili X,Y, dan Z. Biar gak cuma ngebayang- bayang karena bayang- bayang adalah hal yang nanggung, mari kita kasih gambaran biar lebih eeeh hahaha. . .
Make it simple guys, X adalah yang bergerak ke kanan (+) dan ke kiri (-), Y adalah yang bergerak ke atas(+) dan ke bawah (-), sedangkan Z yang bergerak maju (+) dan mundur (-).
Sekarang kita tambahkan sedikit perintah agar segitiga kita lebih cool guys. . .
glBegin (GL_TRIANGLES)
glcolor3f (0,
1, 0) ‘warna hijau
glVertex3f (0.0,
1.0, -3.0) 'titik atas
glcolor3f (1,
0, 0) ‘warna merah
glVertex3f (-1.0,
-1.0, -3.0) 'titik kanan bawah
glcolor3f (1,
0, 0) ‘warna merah
glVertex3f (1.0,
-1.0, -3.0) 'titik kiri bawah
glEnd()
Hasilnya jadi seperti ini
"glColor" fungsinya untuk ngasih warna pada setiap bagian vertex yang kita tulis di atasnya, di gambar itu kita baru kasi warna untuk bagian X dan Y. Next blog kita akan buat bagian Z-nya agar menjadi gambar 3D guys.Bagi yang belum punya Basic4GL bisa download disini
Saran buat semuanya sebisa mungkin jangan COPAS ya, ketik ulang lebih bermanfaat buat kita semua sekalian latihan ngapalin keyboard dan mengerti dimana kita menuliskan perintah- perintah yang ada. GOOD LUCK GUYS and HAVE FUN :D
0 comments:
Post a Comment